Thursday, June 6, 2013

Cara Membuka Usaha Jasa Airbrush

Dalam seni airbrush, sebuah atomizer/airbrush (semprot) digunakauntuk membuat lukisan, yang dapat diterapkan pada jendela, dindinc kendaraan, t-shirt dan permukaan lain.

Metode dan Tips Pemasaran dan Periklanan
• Airbrush sebuah desain dan nomor telepon pada kendaraan Anda
• Tinggalkan kartu nama pada penjual van dan mobil.
• Pasang Wan di publikasi mengenai mobil.
• Tempelkan pamflet di papan buletin.

Saran Pelatihan, Pengalaman, atau Keterampllan yang Dibutuhkan

• Ambil kursus di sekolah seni.
• Magang pada artis airbrush.
• Memerlukan bakat artistik dan pelatihan.

Pelanggan Terbaik
Bisnis yang memiliki jendela muka, kendaraan pribadi, kotak surat, dinding, helm, dll.

Tips
• Simpan foto dari tiap pekerjaan bersama dengan data mengenai bahan yang digunakan dan waktu pembuatan. Ini dapat membantu Anda mengkalkulasi biaya dan keuntungan, sehingga Anda dapat memberikan perkiraan akurat pada pelanggan di masa akan datang.
• Berikan perkiraan. Terserah Anda apakah Anda akan mengenakan biaya atas perkiraan tersebut. Ajukan pertanyaan seperti, jenis lukisan apa yang dibutuhkan? Apakah ini proyek di dalam atau diluar rumah? Berapa besar ruang yang harus dilukis? Berapa banyak detil yang harus dikerjakan? Jenis permukaan apa yang akan dilukis?
• Terus lihat catatan bisnis untuk memastikan apakah Anda sudah mengenakan harga yang cukup untuk menutup pengeluaraan, waktu, dan biaya menjalankan bisnis.
• Berhubungan dengan artis lepas lain.

sebenarnya banyak sekali alat airbrush yang bisa di beli dengan harga yang relatif murah bisa di beli dengan harga 200.000 keatas tapi faktor kejelian saat membeli sangat berpengaruh pada kelangsungan hoby yang satu ini.

kita akan membahas alat tersebut satu persatu biar jelas dan gamblang dan kalian tidak akan bingung lagi untuk memulai hobby airbrush.

alat yang di beli saat memulai airbrush adalah meliputi:
  • Penbrush atau Airbrush
  • Kompressor
  • Selang angin untuk menyalurkan tekanan angin dari kompressor ke Penbrush atau Spraygun
  • Spraygun
>Penbrush atau Airbrush

banyak sekali merek airbrush dengan harga terjangkau mulai dari harga 200 ribu sampai 350 ribu tergantung yang jual bukan kualitas label produk kalo saya amati seperti itu. bahkan saya pernah menemukan toko yang menjual kualitas biasa dengan harga sekitar 1 jutaan

saran saya belilah di tempat yang memang khusus menjual alat pengecatan atau toko hobbys.atau didaerah pertokoan yang banyak menjual alat airbrush..sepeti Glodok kalo di jakarta.atau Ace Hardware disana banyak pilihan untuk dibeli.

amati dengan benar saat membelinya cek segel dan kotak airbrush karena yang baru pasti masih dalam segel tidak terbuka. saya pernah melihat di toko Ace hardware dengan harga 350.000 sudah lumayan baik.

di glodok pernah saya cek dengan harga 175.000 sampai 250.000 juga banyak tergantung menawarnya. maaf saya lupa mereknya tetapi yang banyak beredar adalah merek NP dan MEIJI. saya lupa merek yang di Ace hardware.

bila kalian ingin membeli Airbrush dengan Kualitas baik dengan harga diatas 1.5 juta -6.5 juta belilah merek Badger (amerika), Iwata (jepang), Evolution (Jerman) dan masih banyak lagi. tapi yang banyak beredar di indonesia adalah Badger dan Iwata. bila kalian sulit menemukan merek ini di Indonesia kalian bisa menghubungi saya untuk membelikanya di luar negeri. nanti saya akan membahas tentang alat ini dan detailnya pada posting selanjutnya.

>Kompressor
untuk Kompressor tegantung kebutuhan saat membelinya. kalo hanya untuk mengerjakan model kit atau kaos belilah kompressor dengan ukuran kecil saja di samping hemat listrik suaranyapun tidak bising.

tetapi bila kalian membutuhkan kompressor untuk mengerjakan motor atau helm belilah kompressor dengan ukuran tanggung atau agak besar sekalian.sekitar 1 pk.kalau untuk mengerjakan mobil kalian akan membutuhkan kompressor dengan ukuran tenaga yang besar karena untuk spraygun besar membutuhkan tekanan angin yang besar untuk stabilitas pengecatan. harga kisaran 750.000 keatas dengan merk Wipro, Multipro, Shark dan masih banyak merk lainya.

untuk Kompressor kecil belilah kompressor yang pompanya menggunakan Piston bukan Vibra karena bila menggunakan vibra akan cepat rusak dan mati saat kompressor mengalami panas berlebihan kalian harus menunggu dingin untuk memulai lagi. tanyakan pada penjual bila ingin tahu memakai vibra atau piston saat membelinya.

bahkan sekarang ada yang menjual kompressor sudah plus dengan airbrush, filter dan selang nya.terahir saya lihat ada yang menjual dengan harga 850.000. di glodok. untuk merek luar negeri seperti Badger atau Iwata harga mulai dari 2,5 jt keatas bila membelinya di indonesia.

cek dan coba di toko dulu sebelum kompressor kalian beli. karena saya pernah membeli tidak saya test dahulu saat di rumah saya harus menyeting ulang semua karena saya membeli kompressor kecil dengan tabung yang tentunya di lengkapi alat otomatis dan alat otomatis itu tidak berfungsi dengan benar. dan celakanya saya beli 2 kompressor dan semuanya error..

>Selang Angin
untuk selang angin untuk Airbrush/Penbrush biasanya untuk merek airbrush tertentu ada yang langsung mengikutkan selang angin dalam satu paket pembelian, akan tetapi banyak juga yang tidak mengikutkan selang.angin pada pembelian airbrush. kalian bisa memakai selang kecil yang lemas seperti banyak di jumpai pada perlengkapan aquarium tetapi belilah yang berjenis tebal.

pada toko khusus hobby's atau alat pengecatan biasanya merekapun menjual selang khusus airbrush.
saya pernah membeli selang ini di Ace hardware seharga 60.000 dengan lilitan kain berwarna biru, lumayan panjang daripada memakai selang aquarium.

Selang angin untuk perlengkapan spraygun tentu banyak sekali di jumpai pada toko-toko peralatan pengecatan mulai yang berbentuk spiral sampai yang lurus dan kalian bisa membelinya dengan panjang sesuai kebutuhan kalian, belilah selang dengan bahan yang kuat karena bila kualitas selang tipis akan rentan meledak dan sobek karena tidak kuat menahan besarnya tekanan angin dari kompressor.

>Spraygun
Spraygun adalah alat untuk pengecatan dalam skala besar atau lebar.

untuk ukuran spraygun sangatlah bervariasi mulai dari yang kecil sampai yang paling besar.
saya mulai dari yang paling kecil dulu.

-spraygun kecil.harganya pun bervariasi mulai harga 100.000 sampai 450.000 tergantung merek nya. mempunyai dua hal yang harus diperhatikan.tiap spraygun mempunyai jenis yang berbeda pada head penutup nozelnya. ada yang berbentuk Dot dan Flat




-jenis Dot
akan mengeluarkan cat dengan bulatan atau titik bila disemprotkan pada permukaan media.

jenis dot biasa dipakai untuk melakukan pengecatan dasar atau pewarnaan pada media kecil dan bercekung dalam misalkan saja sepeti Sasis atau Rangka motor.

-Jenis Flat
akan mengeluarkan cat melebar seperti kipas bila kita semprotkan pada permukaan media.

jenis Flat biasa digunakan untuk pengecatan pada bidang yang datar dan cekungan yang tidak terlalu kecil dan dalam.Jenis Flat sangat baik digunakan untuk melakukan tahap ahir seperti finishing atau pernis karena akan menghasilkan pengecatan atau pernis yang halus dan merata.

Untuk Spraygun besar rata-rata pada headnya adalah berbentuk Flat ada juga yang berbentuk Dot tetapi jarang sekali ditemukan. harga juga bervariasi tergantung merek dan kualitasnya.harga mulai dari 150.000 sampai 3,5 juta bahkan ada yang lebih mahal lagi semua tergantung dari kualitas dan merek tentunya. alat ini memang dibutuhkan untuk pengecatan bidang yang sangat lebar.
 

1 komentar:

  1. Bisa bagi wa ny bg untuk mendapatkan wawasan lebih 🙏🙏🙏

    ReplyDelete

Blog Ini Adalah Blog Do Follow dan Auto Approve. Silakan Berkomentar sesuai konten postingan dengan santun, sopan, dan No Spam. You Comment I Follow.