Wednesday, August 21, 2013

Peluang Bisnis Travel Agent

Peluang Bisnis Travel Agent
Kebutuhan akan transportasi pada saat ini memang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat pada umumnya. Untuk mempermudah segala urusan terutama dalam perjalanan menuju sebuah tempat kita butuh transportasi yang nyaman dan lancar. Penilik akan kebutuhan transportasi dalam jarak tertentu, maka kita akan butuh jasa transportasi dari sebuah Travel Agent. Terutama bagi kita yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan. Mengapa harus memilih travel agent? Mungkin banyak alasan bagi kita yang lebih suka memakai asa travel agent ini. Entah itu karena lebih nyaman, lebih aman tau mugkin pelayanan yang berbeda dibanding jenis jasa transportasi lain. Dalam pemenuhan kebutuhan tersebut maka travel agent hadir di tengah-tengah kita.

Melihat tingginya kebutuhan transportasi tersebut, bisnis travel agent pada saat ini menjadi usaha yang menjanjikan karena selalu dibutuhkan setiap orang dan tak kenal waktu. Bisnis travel agent pada saat ini kian menjamur, hal ini karena hampir setiap orang semakin sering bepergian yang secara otomatis juga semakin tergantung dengan travel agent ini. Peningkatan standar ekonomi masyarakat turut mendorong terus berkembangnya bisnis ini. Bisnis yang seolah tak pernah sepi ini pun mulai dilirik banyak peminat yang ingin menggeluti dan terjun di bisnis travel agent ini.

Berikut adalah gambaran sekilas tentang pendirian sebuah travel agen. Untuk mendirikan sebuah travel agent, ada dua cara yaitu :
  • Travel agent sebagai badan usaha sendiri. Jenis ini khusus bagi kita yang mempunyai modal besar, karena akan butuh perijinan mulai badan usaha, BPW, ASITA, IATA. Selain permodalan yang besar, proses untuk pendiriannya juga akan memakan waktu yang panjang. Bagi kita yang belum banyak berkecimpung didunia travel, disarankan untuk memilih cara kedua dibawah ini.
  • Travel agent dengan status Sub Agen dari agen travel yang lebih besar. Untuk permodalan yang dibutuhkan bisa sangat kecil, bahkan bisa ada yang dibawah satu juta. Prosesnya bisa lebih cepat, sekarang kika bayar, besok kita sudah bisa buka outletnya.
Jasa untuk travel agent ini sangat luas, untuk awalnya, kita harus menentukan fokusnya mau bergerak di bidang yang mana dulu, kemudian bisa dikembangkan sesuai arus pasar di sekitar lingkungan atau wilayah agen tersebut. Jenis-jenis bisnis di dalam travel agen yaitu: Haji, Umrah, Tour wisata domestic, Tour wisata mancanegara, Tiket pesawat domestic, Tiket pesawat internasional, Penukaran uang atau Money changer, voucher hotel dan reservasi hotel.

Untuk kebutuhan kantor yang harus dimiliki yaitu: Ruang kantor atau ruko, Customer Support, Komputer, Mesin Fax juga Telepon, Printer, dan juga Internet. Tak ada salahnya jika melirik usaha ini untuk usaha tambahan, karena pada umumnya sebuah bisnis agen travel tak harus dijalankan sendiri tapi bisa mempekerjakan orang.

0 komentar:

Post a Comment

Blog Ini Adalah Blog Do Follow dan Auto Approve. Silakan Berkomentar sesuai konten postingan dengan santun, sopan, dan No Spam. You Comment I Follow.