Tuesday, August 21, 2012

Pengaturan Penggajian Karyawan

Solusi penggajian merupakan suatu cara yang mengatur tentang kaidah-kaidah dan aturan penggajian. Solusi penggajian bisa juga diterapkan dalam bisnis kecil. Apabila sebuah bisnis kecil mempunyai karyawan pelaksana dalam usaha bisnis tersebut, maka tidak ada salahnya bagi pengelola untuk menerapkan solusi penggajian karena hal tersbut dapat membantu kelancaran dalam pelaksanakan bisnis kecil yang dikelolanya.

Dengan menerapkan sistem penggajian, maka diharapkan adanya keseimbangan, sehingga setiap karyawan terpenuhi haknya. Solusi penggajian dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Melakukan segmentasi karyawan.
Hal ini penting karena dengan melakukan segmentasi dalam tatanan karyawan, maka akan dapat dikelompokkan beberapa bagian karyawan sesuai dengan bidang kerja dan keahliannya masing-masing, sehingga dapat ditentukan jumlah gaji yang diterima masing-masing karyawan. Selain itu dengan melakukan segmentasi karyawan akan dapat dihindari kesalahan penggajian, misalnya kelebihan atau kekurangan dalam pemberian gaji.

Menetapkan standar gaji bisnis kecil.
Walaupun usaha yang dilakukan masih bisnis kecil, tidak mengapa untuk dilakukan standar gaji bisnis kecil, demi terwujudnya kesejahteraan karyawan. Standar gaji bisnis kecil tersebut hendaklah disesuaikan dengan upah minimum regional yang ada di wilayah sekitar. 

Melakukan penggajian yang adil. 
Hendaklah melakukan sistem penggajian yang tidak merugikan pihak manapun dan tetap sesuai dengan standar gaji bisnis kecil. Penggajian yang baik juga tidak hanya mendahulukan karyawan yang berprestasi saja, namun tetap menyeimbangkan personal setiap karyawan yang ada. 

Sistem penggajian pada bisnis kecil hendaklah tetap memperhitungkan laba dan keuntungan dari bisnis kecil tersebut. Nilai utama yang perlu diperhatikan adalah besarnya laba yang dapat dicapai setiap bulannya. Setelah penentuan laba maka akan didapati standar gaji bisnis kecil yang dapat diberikan kepada karyawan. 

Menurut sebuah survei, diperoleh bahwasanya saat ini telah banyak pengelola bisnis kecil yang menerapkan solusi penggajian dalam bisnisnya. Karena penerapan solusi tersebut dalam usaha kecil bisa membantu keteraturan sirkulasi dan peredaran modal serta keuntungan. Selain itu, dengan menerapkan solusi ini, pengelola usaha kecil dapat menciptakan keselarasan dalam penetapan gaji masing-masing karyawan dengan tetap memperhatikan kesejahteraan karyawannya.

0 komentar:

Post a Comment

Blog Ini Adalah Blog Do Follow dan Auto Approve. Silakan Berkomentar sesuai konten postingan dengan santun, sopan, dan No Spam. You Comment I Follow.