Thursday, June 6, 2013

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kedai Kopi Yang Prospektif?

Sulit dipercaya, kesuksesan Starbuck saat ini bagaikan sebuah cerita 1001 malam, mengingat usaha ini berawal dari sebuah toko yang hanya menjual biji kopi. Bagi beberapa new comer di industri outlet kopi, pasti sebagian besar menginginkan agar bisnis mereka tumbuh layaknya starbuck. Namun masalahnya adalah, bagaimana caranya?

Matt Milletto, direktur dari the American Barista and Coffee School mencoba memberikan bocoran. Seperti yang dikutip brunch project dari majalah entrepreneur edisi juli 2011, ada 5 hal utama yang harus diperhatikan untuk membuat bisnis kopi anda prospektif :

1. Business Plan
Tentu, untuk mengetahui apakah bisnis kedai kopi anda prospektif atau tidak, alangkah baiknya anda membuat perencanaan terlebih dahulu. Industri kedai kopi adalah industri yang memiliki banyak pesaing, untuk membedakan anda dengan pesaing anda anda dijawibkan membuat business plan yang cukup “keren” sehingga konsumen akan lebih melirik anda. Selain itu, dibutuhkan uang yang tidak sedikit untuk memulai bisnis ini. Business plan akan membantu anda untuk berbuat lebih bijak dan realistis akan keuangan anda.

2. Lokasi
Lokasi adalah syarat mutlak yang dibutuhkan untuk sebuah kedai kopi. Anda harus pastikan apakah lokasi anda gampang diakses oleh konsumen atau tidak. Selain itu, pikirkan factor demografik ditempat anda akan membuka kedai kopi ini. Hal ini penting untuk mengetahui selera pasar dan merangkul komunitas. “akses dan demografik yang pas akan memberikan ikatan batin yang kuat an tara kedai kopi anda dengan pelanggan” ujar Matt Milletto.
 
3. Desain
Desain disini tidak hanya dekorasi ruangan saja, tapi juga jenis musik apa yang akan diputar, furnitur yang dipilih, customer flow hingga peralatan dapur yang anda pilih. Setiap detail dari kedai kopi anda adalah penting! Jadi jangan remehkan.
 
4. People
Siapapun yang ada dalam bisnis kedai kopi ini adalah support utama anda. Mulai dari supplier, barista hingga para pelayan. Anda harus bisa menyatukan visi anda dengan orang-orang disekitar bisnis anda ini, sehingga satu sama lain bisa berjalan beriringan.

5. Coffee Passion
Selalu ada nilai jual pada tiap biji kopi. Namun untuk menyajikan secangkir kopi yang special anda harus menginvestasikan waktu dan energy anda secara serius. “it’s very important, to get true passion for coffee” saran Matt Milletto.

Setelah mengetahui tips dari Matt Milletto di atas, tidakkah anda tertarik untuk membuka kedai kopi yang prospektif?

sumber : http://entrepreneurisme.com
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Ini Adalah Blog Do Follow dan Auto Approve. Silakan Berkomentar sesuai konten postingan dengan santun, sopan, dan No Spam. You Comment I Follow.