Thursday, June 6, 2013

Yuk Buka Warung Bakso

Menjalankan sebuah warung bakso merupakan usaha yang sangat lazim ditemui di tanah air. Makanan ini begitu merakyat. Bakso telah menjadi salah satu jenis makanan favorit yang digemari segala lapisan masyarakat di Indonesia sehingga usaha penjualan bakso tampaknya adalah suatu peluang usaha yang patut Anda coba.

Dengan berbekal kreativitas agar produk makanan bakso Anda memiliki ciri khas dari yang lainnya, sebuah keniscayaan bagi Anda untuk mendapatkan tempat istimewa di mata konsumen. Dan yang terpenting warung bakso dapat Anda jalankan di saat malam hari sehingga kegiatan sekolah atau kuliah Anda tidak perlu dikorbankan.

Langkah-langkah persiapan
 
1. Buatlah estimasi atau taksiran modal yang seakurat dan sedetil mungkin. Dengan melakukan hal itu, Anda akan dapat mengkalkulasi keuntungan potensial secara lebih akurat pula.

2. Lokasi strategis adalah sebuah keharusan, tidak terkecuali dengan usaha warung bakso.

3. Karyawan. Ikut terlibat secara penuh dalam operasionalisasi warung bakso pastinya akan menyita banyak waktu. Jika Anda masih harus melakukan aktivitas sekolah atau kuliah, besar kemungkinan Anda harus merekrut orang kepercayaan dan beberapa karyawan.

4. Peralatan memasak juga harus Anda pikirkan karena tidak mungkin Anda hanya meminjam peralatan memasak dari dapur Anda. Bagaimanapun juga Anda harus belanja kebutuhan-kebutuhan tersebut.

5. Seyogyanya Anda mempunyai keahlian dalam memasak bakso sehingga Anda dapat bereksperimen dan membuat sajian bakso Anda memiliki daya pembeda dari produk pesaing.

6. Suplai/ pasokan bahan makanan adalah hal lain yang tak kalah pentingnya dalam usaha Anda.

Langkah-langkah realisasi

1. Pandai-pandailah mematok harga. Anda perlu mengetahui secara pasti berapa harga yang ditawarkan para pesaing sehingga Anda dapat berkompetisi dengan mereka dengan baik.

2. Kelola keuangan warung bakso Anda secara terpisah. Lebih baik jangan mencampuraduk keuangan pribadi dengan keuangan warung yang Anda kelola. Hal ini agar menjaga transparansi dan profesionalisme dalam manajemen. Jadi jika warung Anda harus gulung tikar, keuangan pribadi Anda tidak ikut merasakan dampaknya secara signifikan.

3. Terapkan sistem bagi hasil dengan karyawan atau orang-orang dekat yang membantu pengelolaan warung bakso. Potensi kemunculan penggajian yang tidak adil bisa ditekan.

4. Terapkan standarisasi rasa dan mutu makanan. Banyak ditemui warung yang cita rasa makanan dan minumannya berubah-ubah hanya karena berbeda orang yang mengolah. Usahakan semua karyawan mengetahui cara mengolah yang disarankan atau jika tidak, berikan tanggung jawab itu pada beberapa orang saja

Langkah-langkah marketing

1. Promosikan warung baru Anda dengan cara word-of-mouth.

2. Lakukan penyebaran pamflet di beberapa tempat strategis.

3. Lakukan promosi melalui jejaring sosial. Mungkin belum terlalu lazim untuk berpromosi lewat jejaring sosial, tetapi Anda bisa mencoba menggunakannya. Gunakan Foursquare, misalnya. Aplikasi ini dapat Anda terapkan dalam usaha promosi. Tawarkan potongan harga untuk sang mayor (istilah Foursquare untuk pengunjung yang paling sering datang dan makan di warung Anda). Cara ini sangat efektif jika terutama sasaran Anda adalah anak-anak muda, seperti halnya Anda.

4. Warung bakso Anda boleh saja kecil tetapi usahakanlah tetap membuat nyaman pembeli yang memilih makan di sana.

5. Cobalah lakukan promosi melalui pesan singkat.

6. Lanjutkan promosi dengan mengadakan diskon atau pemberian harga khusus dengan ketentuan yang dapat Anda buat sendiri, sesuai kreativitas Anda. Misalnya, setiap hari Sabtu, pengunjung hanya dipungut harga makanan sebesar setengah dari hari-hari lain. Semua tu demi mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih banyak.

Tantangan
 
1. Promosi
Boleh saja bakso Anda enak dan murah, tetapi jika promosi lemah, dagangan Anda tidak akan laku. Keaktifan Anda sebagai pemiliki dalam mempromosikan warung harus ditingkatkan bila Anda menghendaki sebuah perkembangan dalam usaha.

2. Resep
Resep yang Anda miliki berpengaruh besar pada keberhasilan atau kegagalan usaha. Untuk itu, jangan segan untuk selalu berinovasi dan berkreasi. Ketahui selera pasar dan adakan penyesuaian yang dipandang perlu untuk menarik pelanggan potensial sekaligus mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

'Yuk Buka Warung Bakso ':

sumber : http://bacaartikelbisnis.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

Blog Ini Adalah Blog Do Follow dan Auto Approve. Silakan Berkomentar sesuai konten postingan dengan santun, sopan, dan No Spam. You Comment I Follow.