Friday, October 4, 2013

Peluang Bisnis Optik

Peluang Bisnis Optik
Bisnis Optik sepertinya semakin hari semakin berkembang. dulu mungkin kita hanya mengenal kacamata sebagai alat bantu penglihatan, tapi sekarang kita sudah mengenal contact lens. Lalu mungkin sekarang kita juga sudah mengenal lasik sebagai alternatif pengobatan mata yang rabun. pada postingan kali ini akan dibahas mengenai peluang bisnis optikal. Berikut adalah keuntungan dan kelabihan dari bisnis optikal
  • Kacamata merupakan alat kesehatan mata khususnya alat bantu penglihatan, sehingga semua lapisan masyarakat membutuhkannya
  • Keharusan pemakaian kacamata pada usia presbyopia (usia diatas 40 th, untuk membantu membaca lebih jelas) . Prosentasi penduduk DKI yang berusia diatas 40 tahun cukup tinggi, sehingga segmen pasarnya sangat bagus.
  • Kacamata merupakan salah satu item yang mendapat charge/rembers, penggantian dari asuransi, karena kelainan refraksi mata merupakan substansi yang diasuransikan. Kita dapat bekerjasama, dengan asuransi kesehatan yang ditunjuk instasi untuk menjadi provider optik, diharapkan dapat meningkatkan jaringan market yang telah ada, dengan sistem pembayaran yang jelas dari pihak asuransi.
  • Market Optik yang terbagi dua; Retail (konsumen langsung yg datang ke showroom) dan Coorporate/Mobile Optical Service (Produksi Lapangan di Instasi2 Negeri/Swasta, Pabrik, Sekolah, Kampus, Yayasan. Pesantren, dll) diharapkan mampu memback-up produksi semakin lancar, tentunya dengan management produksi yang profesional.
  • Masa Kenyamanan Pemakaian kacamata berkisar antara 1 s/d 6 bulan, sehingga dalam satu tahun, bisa terjadi penggantian kacamata selama 2 kali, dan ini bergantung kepada kondisi kesehatan mata konsumen itu sendiri, juga model frame dan lensa yang selalu berubah. Hal ini menjadikan repeat order yang meningkat.
  • Kacamata disamping sebagai alat bantu penglihatan mata juga berfungsi sebagai aceccories, karena setiap konsumen membutuhkan penampilan. (alat bantu menaikan prestige/style/penampilan seseorang) Hal ini menjadikan konsumsi kacamata lebih dari satu buah melebihi kebutuhan. (life style)
  • Kacamata barang yang tidak mudah rusak, sebagaimana kita berusaha dibidang makanan yang dibatasi oleh keterbatasan waktu dan keawetan produk itu sendiri. Resiko seperti itu bisa dihindari karena produk kacamata bisa dijual sepanjang masa.
  • Segment Usaha Optikal yang ada saat ini tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang belum terpenuhi kebutuhan kacamatanya. Prospek Usaha Optik masih sangat menjanjikan, apalagi kalau kita mencoba expansi ke daerah yang masih sedikit pemain optiknya. (lihat lamp. data Dep. Kes R.I)
  • Tehnik Optikal yang rumit, karena tidak semua orang mampu menguasainya, sehingga memperkecil keinginan orang untuk berusaha dibidang optikal, disamping harga jual frame yg masih gelap.
  • Pengembangan Usaha Optikal yang berkesinambungan dengan membuka divisi Lab. Lensa untuk Grosier optik, Lab. Perbaikan & Perawatan Kacamata, Grosier Frame dan Aceccories Kacamata, pengembangan untuk Waralaba. Dll.
Semoga postingan mengenai peluang bisnis optikal ini bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Blog Ini Adalah Blog Do Follow dan Auto Approve. Silakan Berkomentar sesuai konten postingan dengan santun, sopan, dan No Spam. You Comment I Follow.