Saturday, October 12, 2013

Peluang Bisnis Playstation

Peluang Bisnis Playstation
Usaha rental atau penyewaan play station (PS) adalah usaha jasa yang menyedikan sarana game elektronik dengan media TV dan play station. Sebenarnya bisnis ini cukup menarik juga, karena selain bisa mendapatkan keuntungan yang bisa dibilang tidak sedikit, usaha ini memiliki sifat bisa diserahkan ke orang lain, sehingga cocok sekali untuk dijadikan usaha sampingan.

Penggemar play station bisa dari berbagai umur, mulai dari anak-anak, remaja sampai usia dewasa dan kebanyakan laki-laki. Play station bisa dimainkan sendiri namun lebih asyik jika dimainkan bersama-sama. Karena itu, walaupun orang bisa memainkanplay station dari rumah sendirian, namun lebih suka memainkan bersama-sama teman. Selain harga play station yang cukup mahal, belum lagi CD game-nya tentu harus secara teratur dibeli supaya kita tidak bosan memainkan game yang itu-itu saja. Hal inilah yang mungkin menyebabkan orang lebih senang datang ke rental playstation karena lebih murah dan suasananya lebih ramai.

Usaha rental play station yang diberi nama “Enjoy 2” ini akan didirikan disekitar perumahan bekasi barat tepatnya di Perumnas 2. Penyewaan yang disediakan yaitu play station 2 ditambah dengan penjualan rokok, minuman dan pulsa. Alasan pemilihan usaha PS 2 ini dikarenakan masih banyaknya penikmat yang bermain PS 2 dibanding dengan PS 1 atau pun PS 3 yang baru. Selain harga sewa PS 3 yang lebih mahal, permainan pada PS 3 juga lebih sulit dimainkan. Oleh karena itu Enjoy 2 memfokuskan pada PS 2, dan apabila peminat PS 3 sudah banyak yang menyukai, ada kemungkinan Enjoy 2 akan menggunakan PS 3 untuk direntalkan.

Sebelum membuka usaha, ada baiknya terlebih dahulu membuat sebuah perencanaan terhadap bisnis (business plan) yaitu pembahasan tertulis yang menguraikan hal-hal yang mendasari pertimbangan pendirian usaha yang berkaitan dengan bisnis tersebut agar mengetahui gambaran dalam menjalankan usaha, serta untuk mempermudah dalam memanajemen usaha. Ada beberapa strategi yang akan dilakukan, yang mampu untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Strategi tersebut diantaranya adalah:

1. Place (Tempat)
Ditinjau dari lokasi tempat rental ini berada, prospek kedepannya sangatlah menjanjikan. Karena di lokasi rental ini terdapat beberapa sekolah yang memilik jumlah siswa yang tidaklah sedikit dan mall besar yang memiliki banyak pekerja. Umumnya, penikmat game ini adalah para pelajar. Mulai dari pelajar SD, SMP, SMA, atau yang setara. Bahkan para supir angkot 26 dan 05 sering beristirahat dengan bermain. Mereka bermain PS 2 bertujuan untuk melepas rasa penat di kepala setelah melakukan kegiatan rutinitas sehari-hari.

Tempat yang akan digunakan adalah ruangan berukuran 7 x 4 meter. Untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan, dengan memberikan beberapa fasilitas khusus yang belum tentu dimiliki oleh rental lain. Diantaranya adalah sebagai berikut :
- Ruangan yang nyaman dengan 2 buah kipas angin
- Tempat parkir kendaraan.
- Kamar mandi.

2. Price (Harga)
Harga sewa yang diberikan kepada pelanggan adalah Rp.2.500/ jam. Untuk selanjutnya akan disesuaikan dengan kenaikan beban atau biaya.

3. Promotion (Promosi)
Alat promosi yang akan digunakan diantaranya adalah:
- Brosur
- Sticker
- Spanduk

4. Event dan Diskon Khusus
Setiap 3 bulan sekali akan diadakan pertandingan permainan sepak bola yaitu Wining Eleven terbaru pada Minggu pertama bulan berjalan. Dengan hadiah berdasarkan sistem porsi, yaitu:
- Untuk Juara 1 akan mendapatkan hadiah berupa uang sebesar 40% dari total uang pendaftaran yang terkumpul
- Untuk Juara 2 akan mendapatkan hadiah berupa uang sebesar 25% dari total uang pendaftaran yang terkumpul
- Untuk Juara 2 akan mendapatkan hadiah berupa uang sebesar 10% dari total uang pendaftaran yang terkumpul
- Sedangkan untuk pemilik atau penyelenggara mendapatkan 25% dari total uang pendaftaran yang terkumpul.
Misalkan jumlah pendaftar pertandingan berjumlah 30 orang sedangkan uang pendaftaran sebesar Rp20.000,- maka total uang pendaftaran yang terkumpul adalah 600.000,-. Dari jumlah tersebut akan dibagi menjadi :
- Juara 1 = 40% x Rp600.000 = Rp240.000,-
- Juara 2 = 20% x Rp600.000 = Rp120.000,-
- Juara 3 = 10% x Rp600.000 = Rp60.000,-
- Penyelenggara = 30% x Rp600.000 = Rp180.000,-

Selain itu, setiap bermain minimal 1 jam maka pelanggan akan mendapatkan 1 kupon dan apabila kupon terakumulasi sebanyak 10 kupon maka kupon tersebut bisa ditukar dengan gratis bermain 1 jam atau 1 botol minuman.

0 komentar:

Post a Comment

Blog Ini Adalah Blog Do Follow dan Auto Approve. Silakan Berkomentar sesuai konten postingan dengan santun, sopan, dan No Spam. You Comment I Follow.